25 Jun 2021

Api Semangat dalam Mempelopori Berdirinya Generali Indonesia

Edy Tuhirman from Generali Indonesia

Generali Indonesia lahir pada masa yang terbilang sulit, yaitu di tahun 2008 dimana saat itu krisis financial global masih melanda dan dampaknya sangat terasa. Pada masa itu, situasi ekonomi sangat tidak menentu dan banyak bisnis yang tidak dapat bertahan. Tapi justru di tengah situasi itu, Generali Indonesia masuk ke dalam pasar persaingan industri asuransi jiwa di Indonesia.

Bermodal mimpi, tekad dan keyakinan yang kuat bahwa Generali akan menjadi salah satu perusahaan inovative yang dapat melindungi banyak masyarakat Indonesia, serta dapat menempatkan diri untuk bersaing dengan banyak perusahaan asuransi jiwa lainnya membuat saya mengambil keputusan untuk menjadi CEO sekaligus karyawan pertama dari Generali. Walaupun tanpa bekal pengalaman sebagai CEO atau Chief Executive Officer, dengan ikhtiar saya menjalankan peran saya untuk menahkodai Generali Indonesia. Saya sepenuhnya percaya bahwa Generali Indonesia akan dapat berkembang pesat dan memenangkan persaingan dengan fokus akan memberikan different innovative long term financial solution.

Menjadi karyawan pertama sekaligus pimpinan di perusahaan yang baru dirintis bukanlah hal yang mudah. Ditambah dengan latar belakang pengalaman bekerja sebagai banker di perusahaan multinasional dengan posisi cukup senior dengan fasilitas ruang kerja yang nyaman dan tentunya jadwal meeting yang tertata dan rapih, serta gedung kantor yang berada di kawasan utama menjadikan pilihan yang saya ambil itu menjadi tantangan lain. Bertolak belakang dengan fasilitas yang saya sebelumnya miliki di perusahaan sebelumnya, saat itu kami masih menempati ruang kantor yang belum bisa dibilang layak. Begitu suasana dan mental start up yg mendasari setiap langkah yang kami ambil saat itu.

Mengingat masa-masa itu, kami memiliki banyak keterbatasan, kantor kami saat itu masih berisikan furniture dengan warna tidak seragam yang kami beli di toko barang bekas dan kantorpun juga kami masih menempati kantor sewaan di kawasan yang bukan pusat bisnis. Merekrut karyawan untuk menjadi rekan kerja sayapun juga menjadi sebuah tantangan tersendiri, karena tidak dapat dipungkiri bahwa calon karyawan pasti akan melihat seperti apa kantor yang akan dia tempati dan masa depan perusahaan.

Walaupun berada di posisi yang penuh dengan keterbatasan, tak lantas menyurutkan api semangat kami untuk berusaha dengan keras dan focus. Di masa awal membangun Generali Indonesia, banyak momen-momen yang telah dilewati. Dengan hanya kurang dari sepuluh orang karyawan pertama, kami terus berjuang untuk meyakinkan calon nasabah untuk mempercayakan perlindungannya kepada Generali Indonesia. Saat itu, kami memfokuskan bisis pada asuransi karyawan dan melakukan pendekatan kepada berbagai perusahaan, baik lokal maupun multinasional untuk bisa memenuhi kebutuhan proteksi kesehatan bagi karyawannya. Penolakan demi penolakan kami terima, karena saat itu kami masih terbilang perusahaan yang sangat-sangat baru dan belum terdengar namanya di Indonesia dantidak ada yang mau menjadi nasabah pertama. Tapi dengan gigih, tim terus maju dan berupaya sekuat tenaga, hingga akhirnya kami bisa mendapatkan kepercayaan dari klien, satu demi satu.

Semangat tim yang luar biasa saat itu membuat saya semakin yakin bahwa Generali Indonesia dapat lepas landas. Langkah sudah diambil, menyerah tidak pernah jadi pilihan, kamipun yakin bahwa usaha yang terus kami lakukan tidak akan sia-sia. Jika melihat ke belakang, saya merasa pencapaian yang dicapai oleh Generali Indonesia sudah cukup jauh dari apa yang kita bayangkan saat pertama kali bisnis ini dibangun di Indonesia. Awalnya hanya bermodal kepercayaan dan keyakinan serta dimulai oleh kurang dari sepuluh karyawan, saat ini Generali sudah berkembang pesat dengan lebih dari 400 karyawan, dengan didukung lebih dari 11 ribu tenaga pemasar, melayani lebih dari 100 ribu nasabah dan telah mendapatkan lebih dari 50 pengakuan berupa penghargaan, untuk berbagai aspek bisnis. Saya semakin yakin bahwa keputusan dan perjuangan tim telah terbayar lunas dengan melihat pertumbuhan Generali sampai dengan sekarang, perjalanan masih jauh dan mimpi bertambah besar untuk menjadi pemain terdepan, dan menjadi lifetime partner.

Kini, Generali Indonesia bagian dari Generali Group, salah satu perusahaan asuransi terbesar di Eropa asal Italia — masuk dalam jajaran perusahaan asuransi terdepan di Tanah Air. Generali hanya membutuhkan waktu delapan tahun beroperasi untuk berhasil meraih laba pertamanya di tengah persaingan ketat perusahaan-perusahaan asuransi asing, ini berkat startup mentality dan perjuangan gigih tanpa menyerah dari para anggota keluarga Generali.

Akan tetapi hal tesebut tidak membuat saya berpuas diri. Sebagai seorang kepala keluarga yang memimpin perusahaan ini, saya tahu kami harus tetap terus berusaha karena hal yang kami masih dalam perjalanan munuju impian. Kondisi pasar terus bergerak, kebutuhan dan gaya hidup masyarakat terus berubah dan teknologipun berkembang dengan pesat. Berfokus pada nasabah, untuk memenuhi kebutuhan saat ini maupun mengantisipasi kebutuhan mendatang, kami terus bergerak untuk mencapai visi menjadi lifetime partner.

Tanpa disadari, di usia bisnis yang sangat muda di Indonesia, dibandingkan dengan perusahaan lain, Generali telah menorehkan prestasi yang luar biasa. Generali memiliki fokus yang kuat pada inovasi dengan high touch of our people dan high tech. Tidak hanya berfokus pada penggunaan teknologi tetapi juga pada empati dan sentuhan pribadi dalam solusi yang dikembangkannya. Dalam menjalankan bisnisnya, Generali juga berhasil merintis berbagai inovasi yang pertama kali diluncurkan di industri asuransi Indonesia dan hal inilah yang terus akan dilakukan untuk memenangkan hati nasabah dengan memberikan fokus pada life benefits.

Melalui berbagai inisiatif, kami terus melakukan inovasi, baik untuk menciptakan cara baru, ataupun memperbaiki dan mengoptimalkan yang saat ini sudah dijalankan untuk bisa memberikan yang terbaik bagi nasabah. Kultur inovatif dan teamwork inilah yang saya bangun di dalam keluarga besar Generali Indonesia, dimana dengan berpikir kritis alias dengan keluasan dan kedalaman, dalam terus melahirkan ide-ide baru outside the box, memungkinkan kita untuk membawa pembaruan dan nilai tambah.

Beberapa inovasi yang telah kami lahirkan dan terus kami tingkatkan antara lain: aplikasi Gen iClick yang memiliki berbagai fitur unggulan yang memberikan kemudahan. Nasabah tetap bisa mengakses berbagai informasi, melakukan transaksi baik pembayaran maupun pengajuan klaim, serta menggunakan berbagai fitur kesehatan agar kesehatan nasabah tetap terjaga, dari mulai konsultasi dengan dokter hingga tebus obat, dan obat langsung diantar ke rumah, dengan aman.

Selain itu, kami juga memiliki JANE, asisten virtual yang menggunakan teknologi artificial intelligence. JANE bisa diakses di website maupun Whatsapp selama 24 jam dan bisa dengan mudah mengajukan pertanyaan dan mendapatkan pelayanan, kapanpun dibutuhkan.

Untuk tetap menjangkau kebutuhan nasabah yang ingin memilki proteksi, Generali meluncurkan iPropose. Melalui inovasi iPropose, interaksi fisik telah berubah menjadi digital, jarak dan lokasi tidak lagi menjadi hambatan dalam pemenuhan kebutuhan proteksi nasabah. Melalui iPropose, nasabah dapat dengan mudah melakukan konsultasi finansial dengan tenaga pemasar Generali dan mengidentifikasi dan memilih kebutuhan proteksi. iPropose juga memberikan rasa nyaman dan tenang bagi nasabah dalam transaksi dengan adanya verifikasi pada pengajuan, persetujuan polis, serta dalam hal pembayaran premi. Melalui aplikasi ini, nasabah menjangkau lebih daritenaga pemasar profesional Generali yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan bisa memiliki produk asuransi sesuai dengan tujuan dan keinginannya. Semua ini dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel dalam waktu yang singkat, kapan saja dimana saja.

Di tengah kondisi ekonomi yang terus berubah, penting untuk menjaga kinerja unitlink dan memastikan perlindungannya. RoboARMS yang bekerja layaknya robot asisten yang mengelola unitlink nasabah dengan penyesuaian alokasi aset secara berkala sesuai dengan kondisi pasar, serta melakukan serangkaian langkah adaptif. Sejak diluncurkan April 2019 lalu, RoboARMS sangat diminati karena kinerjanya yang telah terbukti. Berdasarkan data yang tercatat per tanggal 31 Desember 2020, sebanyak 99 persen dari seluruh polis unitlink dari nasabah yang telah mengaktifkan fitur RoboARMS , kinerja investasinya tetap terjaga dan di atas IHSG, dan diantaranya bahkan bisa mencapai hingga 27 persen diatas IHSG.

Di tengah pandemi, penggunaan internet, kesadaran sosial dan minat terhadap asuransi meningkat di Indonesia. Berdasarkan data, saat ini penetrasi pengguna internet Indonesia diperkirakan berjumlah 73,7 persen atau sebanyak 196,7 juta pengguna. Angka ini mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya dan juga terpengaruh dampak dari pandemi. Penetrasi internet yang tinggi ini juga menciptakan segmen-segmen konsumen sendiri yang lebih menikmati digital dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, termasuk dalam membeli proteksi. Untuk itulah, akuberbagi.com menjadi sebuah solusi dimana seluruh proses dilakukan secara online di website. Di akuberbagi.com selain, tidak hanya mendapatkan manfaat proteksi untuk keluarga, tetapi juga bisa berbuat kebaikan.

Akuberbagi.com menjadi sebuah cara baru bagi masyarakat untuk bisa berkontribusi lebih bagi sesama. Melalui konsep Warisan Kebaikan, kini masyarakat bisa dengan mudah mempersiapkan perlindungan dan berbagi kebaikan yang manfaatnya dapat dirasakan tidak hanya untuk keluarga namun juga untuk mereka yang membutuhkan melalui para mitra Akuberbagi.com. Platform ini menjadi ‘pipa saluran digital’ untuk saling berbagi dan masyarakat tinggal memanfaatkan platform ini dengan sangat mudah, murah dan cepat. Hadirnya Akuberbagi.com merupakan langkah kami untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia sekaligus mewujudkan tujuan Generali – enable people to shape a safer future by caring for their lives and dreams. Dengan  filosofi “ringan bagiku, meringankan bagi orang lain”, kesadaran sosial masyarakat untuk berdonasi semakin tinggi di tengah kondisi pandemi saat ini.  Terbukti dengan semakin banyaknya inisiatif individu dalam membantu sesama dan meningkatnya angka donasi secara digital. Selain itu kondisi pandemi saat ini menyebabkan semakin tingginya risiko sakit atau meninggal dunia sehingga mendorong semakin tingginya minat terhadap asuransi. Tingginya risiko serta adanya physical distancing juga membuat kanal distribusi digital menjadi pilihan bagi masyarakat. Akuberbagi.com juga salah satu inovasi yang terpilih dalam ajang Generali Innovation Fund 2020.

Melalui berbagai inovasi ini, kami membangun kedekatan dengan nasabah untuk meningkatkan kepercayaannya. Beda dengan sektor bisnis lainnya, asuransi jika merupakan sektor bisnis jangka panjang sehingga kita harus terus menerus berevolusi melalui teknologi dan melakukan perbaikan tanpa henti.

Selain budaya kerja inovatif yang dibangun, saya merasakan bahwa semua tim yang ada di sini bersedia untuk bekerja dengan lebih keras untuk kemajuan bersama Generali Indonesia karena kita hendak membuat legacy. Kepedulian dan rasa empati kepada orang lain, kesetaraan telah tertanam dalam budaya dan nilai-nilai kita. Merangkul perbedaan berkontribusi pada kreativitas dan mendukung pertumbuhan kita. Kami sangat percaya bahwa kesetaraan adalah hak asasi manusia dan bahwa setiap orang harus diperlakukan dengan adil. Semua ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi kita untuk melangkah lebih jauh.

Di Generali Indonesia, kami memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh karyawan untuk mengembangkan karirnya, tanpa memandang usia, jenis kelamin maupun kondisi fisiknya. Selain itu, kami terus merekrut talenta muda untuk bergabung dalam perjalanan kami dalam mendorong inovasi. Dengan percaya diri kami juga dapat menyebut bahwa Generali menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja dengan didukung oleh berbagai manfaat yang diterima oleh karyawan kami.

Saya percaya dalam mencapai sebuah visi dan tujuan, pasti kita akan melalui berbagai hambatan, tekanan dan tantangan yang tidak mudah, namun dengan semangat yang sama di dalam sebuah tim yang solid akan menjadi kekuatan. Dengan melihat, merasakan dan berinteraksi bersama dalam sebuah keluarga besar, saya yakin Generali Indonesia akan terus memperkaya nilai tambahnya dan menjadi brand of choice, bagi mitra, nasabah maupun karyawan.